Fakta Unik Copas

fakta unik copas | berbagi seputar fakta unik | unikcopas.blogspot.com | fakta unik yang ada di seluruh dunia

Diberdayakan oleh Blogger.

Nafas Sama Uniknya Dengan Sidik Jari

fingerprint.gif

Nafas Sama Uniknya Dengan Sidik Jari - Fakta Unik Copas

Sahabat Fakta Unik Copas,Udara yang keluar bersama hembusan nafas sama unik dengan sidik jari. Nafas dipakai untuk mendiagnosis penyakit.

Peneliti kimia Swiss Federal Institute of Technology, Renato Zenobi, mempelajari nafas 11 orang dewasa sehat. Setiap hari, dia mencuplik sampel nafas setiap sukarelawan sebanyak empat kali selama sembilan hari. Sampel dimasukkan ke dalam spektrometer massa yang mengidentifikasi kandungan molekul pada nafas.

Identifikasi menemukan keberadaan metabolit, senyawa yang dihasilkan proses metabolisme tubuh. Metabolit bersifat mudah menguap dan berukuran sangat kecil. Terbawa bersama darah, senyawa ini beredar ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Ketika bernafas, metabolit yang tersangkut bersama udara ikut terbang ke luar tubuh. "Metabolit selalu muncul jernih di dalam nafas," ujar dia.

Metabolisme sendiri ditunjang oleh komponen seperti genom, epigenom, bahkan mikroba yang menumpang tubuh manusia. Karena itu, senyawa yang dihasilkan proses metabolisme berberbeda dari satu manusia ke manusia lainnya. Metabolit pun bersifat unik, sebanding dengan keunikan guratan sidik jari pada tangan manusia.

"Perbedaan metabolit berhubungan dengan perkembangan penyakit atau respon terapi," kata ahli kimia Jeremy Nicholson dari Imperial College London.

Identifikasi senyawa dalam nafas dilakukan secara cepat menggunakan teknik penyetruman gas. Komponen mudah menguap seperti metabolit pun bisa ditangkap dalam waktu singkat sehingga diagnosis tak membutuhkan waktu lama. Penelitian awal memperlihatkan sampel nafas memberi petunjuk keberadaan penyakit paru- paru kronis.

Sahabat Fakta Unik Copas, semoga artikel tentang Nafas Sama Uniknya Dengan Sudik Jari yang Fakta Unik Copas kutip dari Sejuta Ilmu Pengetahuan bermanfaat untuk sahabat semua :)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Taukah Kamu / Unik dengan judul Nafas Sama Uniknya Dengan Sidik Jari. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://unikcopas.blogspot.com/2013/06/nafas-sama-uniknya-dengan-sidik-jari.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Prieuk tok - Kamis, 06 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Nafas Sama Uniknya Dengan Sidik Jari"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan kata yang sopan seperti budaya bangsa kit :)